Rabu, 29 April 2009

Apache Benchmarking

Apache Benchmarking biasa di singkat dengan AB, jadi ab tuh apa-an... , AB adalah sebuah tools untuk menguji performace dari apache server kita.... so... dengan AB kita bisa bikin simulasi membuat request http sebanyak2-nya perdetik, jadi bisa tahu seberapa handal apache kita menangani banyak request...

udah kebayang belum ni.... kegunaan Apache Benchmarking, kalau gitu kita masuk cara instalasi dan pemakaiannya...

sebelumnya gw kasih tau dulu OS yg gw pake Ubuntu 9.04 - the Jaunty Jackalope

Selasa, 28 April 2009

Database Firewall

Mungkin ada yang pernah pusing untuk menangkal user2 yang jahil yang coba membuat query jahat atau yg merusak atau semacam SQL Injection...

Salah satu solusi yang bisa coba adalah GREENSQL, greenSQL adalah sebuah open source Firewall Database untuk melindungi database dari serangan SQLInjection.

Kurang Lebih Arsistektur nya Seperti ini:




Sabtu, 25 April 2009

MySQL Transaction

Mungkin ada yg pernah mengalami, dalam satu proses terdiri dari banyak query, misalkan ada 3 insert, 2 update, 1 delete... sekarang pernah-kan terbayang kalau misalkan salah satu query tersebut terjadi error, maka data tersebuat akan menjadi tidak valid-kan.... dan coba bayangkan juga kalau itu ada hubungannya dgn transaksi uang... wow... ngeri banget-kan....

sejak MySQL versi 3.23, MySQL memiliki feature untuk menangani hal seperti di atas, namanya adalah MySQL Transaction, jadi bila terjadi error/problem pada sebuah query dalam blok transaksi, semua perubahan yg terjadi disebelumnya akan diabaikan dan query selanjutnya akan di abaikan juga atau istilah nya ROLLBACK,

Kamis, 23 April 2009

SUHOSIN PHP PROTECTOR

*perhatian ini bwt yg udah ngerti tentang instalasi PHP dan configurasi-nya, kalau mau baca terus silakan. kalau pusing tangung sendiri*


iye nama JEPANG dan mirip nama sayur sosin (kalau disunda... indonesianya sawi)
xixiixix...

tapi ini bukan sayuran... tetapi sebuah sofware protection untuk php....
you know lah... php sering dikata-katain kalau security nya lemah/kurang atau apa-kek...

nah dari situlah muncul sebuah riset untuk membuat security protection untuk aplikasi yang menggunakan php..
dan LADIES and GENTLEMEN lahir-lah SUHOSIN...
nah kurang lebih gitulah ceritanya...

Kamis, 02 April 2009

backup dan restore database mysql

Proses backup data dan restore data adalah sesuatu yang penting dari maintance database....

di database mysql memiliki feature untuk melakukan backup dan restore database, caranya adalah sebagai berikut


backup database:

mysqldump -uroot -p1234 -R db_test > db_test.sql

restore database:

mysqldump -uroot -p1234 db_test < db_test.sql


berikut ini penjelasaannya:
  • mysqldump : command untuk backup dan restore
  • -u : username untuk akses kedatabase
  • -p : password untuk akses kedatabase
  • -R : proses backup yang menyertakan ROUTINE (triger, function, store procedure, dsb)
  • db_test : contoh nama database yang akan di backup dan restore
  • simbol > : proses backup
  • simbol < : proses restore
  • db_test.sql : hasil backup yang berupa SQL

menampilkan running program di ubuntu

Kadang kita ingin melihat program apa aja yang sedang running dan milihat berapa banyak resource (ram, prosesor) yang digunakan oleh program tersebut, diubuntu ada perintah console untuk melakukan itu yaitu ps aux, berikut ini caranya

ps aux | grep firefox

hasilnya dari perintah itu akan menghasilkan prosses id, penggunaan ram, penggunana prosesor dari software browser firefox