Senin, 03 November 2008

SVN

pernah dengar istilah source code management, maksudnya sih,.. agar code program yang sudah di bikin tidak berserakan di mana-mana, jadi kalau source code mau di pake lagi atau di revisi bisa dengan mudah di dapatkan...

dan source code management ini juga dapat dan mencegah tumpang tindih file dan perubahan code program dari suatu file.... (sakti kan :D.....)


oke.. penasarankan nama nya apa nih software....
namanya Adalah....


Subversion (SVN)



oke langsung aja deh... cara instalasi nya :

perhatian :

  • sistem operasi yang saya pakai adalah Linux Ubuntu Hardy Heron
tahapan :

1. kalau pake ubuntu cara instalasinya mudah, cukup ketikan perintah di bawah ini pada console

sudo apt-get install subversion

2. setelah instalasi selesai, selanjutnya membuat repository, repository adalah tempat untuk menyimpan perubahan/revisi dari source code, perintahnya begini :

svnadmin create /home/svn/nama_projek

3. melakukan insialiasi, untuk memasukan file yang di anggap bagian source code ke dalam repsository,
di bawah ini adalah perintahnya :

svn import alamat_projek file:///alamat_repository -m 'inisialisasi'

contoh

svn import /var/www/praktek/barcode/ file:///data/svn/testaja/ -m 'inisialisasi'


pejelasannya begini :

  • alamat_projek = source code dan bagian dari source code yang di masukan ke repository sebagai inisialiasi projek.
  • alamat_repository = letak alamat repository
  • -m = maksudnya adalah untuk menambahkan keterangan

4. melakukan chekout dari repository, checkout adalah proses untuk mengambil source code dari repository, dan source code tersebut secara otomatis terhubungan dengan repository, di bawah ini adalah perintahnya

svn co file:///data/svn/alamat_repository

contoh

svn co file:///data/svn/testaja/

lakukan checkout di www atau public_html bila itu projek web, atau di mana saja semau lo.


5. proses memasang svn pada projek sudah selesai sampai sini, selanjutnya bila ada penambahan dan perubahan/revisi file dan folder pada projek harus di masukan ke dalam repository, di bawah ini adalah caranya:

menambahkan file/folder ke repository :

- masuk dulu ke folder projek sewaktu chekcout (misalkan di public_html atau www)

- ketikan perintah di bawah ini

svn add nama_file_folder

contoh

svn add index.php

- selanjutnya ketika perintah di bawah ini

svn commit nama_file_folder -m " "

contoh

svn commit index.php -m "menambah file index.php"

revisi file/folder ke repository :

sintak nya begini :

svn commit nama_file_folder -m " "

contoh

svn commit index.php -m "menambah function hitung"


manual svn lengkapnya lo bisa baca di

Tidak ada komentar:

Posting Komentar