Minggu, 08 Februari 2009

MySQL Indonesia



MySQL database namanya begitu populer, termasuk di indonesia juga...
database MySQL punya berbagai komunitas didunia, tidak tertinggal juga di indonesia membentuk kepengurusan dengan mengatas namakan MySQL Indonesia. yang dibentuk pada tanggal

Hari,
: Sabtu, 24 January 2009
Tempat : Sun Microsystem Indonesia
Wisma Metropolitan I 13th floor
Jl Jend Sudirman Kav #29-31
Jakarta Selatan

Yang menghadiri acara tersebut sebanyak 40 orang dari berbagai lapisan masyarakat dan di undang juga senior - senior IT indonesia Steven Haryanto, Endy Muhardi, Romi Satrio Wahono, tapi beliau - beliau tersebut tidak bisa hadir karena kesibukan masing2.


sejak MySQL diakuisi oleh SUN Micro System dari perusahaan AB, kini MySQL telah menjadi bagian dari prodaknya SUN Micro System, dan sejalan dengan bisnis plan nya SUN maka men-support komunitas2 dari produk nya (MySQL, OpenOffice, NetBeans, Java, OpenSolaris dsb).

Dan yang menjadi perwakilan dari Sun Micro System di meeting pembentuk kepengurusan tersebut adalah mas alex budiyanto

Didalam meeting pembentukan pengurusan MySQL Indonesia banyak sekali pertanyaan seputar pembentukan komunitas ini, diantaranya adalah

1. Support apakah yang diberikan oleh sun kepada komunitas ?
support yang bisa diberikan oleh SUN kepada komunitas adalah tempat untuk meeting, makan siang meeting, dan dana event mysql (untuk jumlah dana tidak disebutkan).

2. Benefit apa yang didapat dari SUN bila menjadi pengurus ?
bila secara materi pengurus tidak mendapatkannya, jadi yang telah menjadi pengurus adalah orang yang mau membagi waktunya untuk perkembangan mysql di indonesia, salut buat mereka, 2 jempol buat mereka eh... 4 jempol aja deh... hehehe ^_^.

3. Tujuan dari SUN membentuk kepengurusan MySQL Indonesia ?
karena MySQL sudah menjadi dari bagian prodak mysql dan sesuai dengan bisnis plannya SUN dan produk-produk nya SUN openSource (MySQL, Java, NetBeans, dsb), maka dengan komunitas ini diharapkan jumlah pengguna mysql menjadi lebih banyak dan mysql lebih baik, lalu dimanakah kalau secara finance yang di dapat SUN ???, yang di jual oleh SUN dari MySQL adalah support nya, dan mysqlnya sendiri tetap free dan opensource, jadi semakin banyak pengguna maka pontesi yang support yang bisa diberikan SUN semakin besar

4. Mau membuat milis mysql sendiri atau dengan yang sudah ada ?
itu juga menjadi bahan diskusi hangat, apakah gabung dengan milis yang sudah ada atau mau bikin sendiri, ada yang mau gabung dan bikin sendiri, akhir dibuat keputusan dengan cara vote, bikin sendiri dengan alasan untuk memudahkan mengurus milis dan para pengerus mysql indonesia bisa secara langusung mengurus milisnya (mysql-indonesia@googlegroups.com)

^_^
kurang lebih seperti itu.....

CMIIW... :)

selamat bekerja, semoga mysql indonesia menjadi Besar.

1 komentar: