Rabu, 25 Agustus 2010

Persiapan PSB Online

Penerimaa Siswa Baru adalah sebuah "Hajatan Besar Masyarakat" dikatakan begitu karena melibatkan sejumlah Masyarakat yang banyak dalam Penyelegaran PenerimaanSiswa Baru (PSB).


Dengan meningkatnya keinginan masyarakat dalam penyelegaraan PSB (Penerimaan Siswa Baru) yang transparan dan sejalan dengan perogram Pemerintah dalam pemberantas KKN dalam segala badan pemerintahan termasuk di Pendidikan.

Maka untuk memenuhi kebutuhan tersebut penyelegaran Penerimaan Siswa Baru secara Online dengan memanfaatkan Teknologi Informasi untuk menwujudkan tranparansi dan meminimalisir praktek KKN dapat menjadi SOLUSI saat ini.

Penerapan PSB Online di-indonesia pada banyak daerah masih merupakan sesuatu yang baru, baik bagi Dinas Pendidikan, Pihak Sekolah maupun masyarakat. 

Sehingga persiapan-persiapan yang sifatnya non-teknis harus memiliki porsi perhatian yang besar agar implemetasi PSB-Online dapat sukses.
Dalam Menyelengarakan PSB Online ada beberapa point yang menjadi perhatian demi Sukses-nya PSB Online.

A. Kesepakatan Kerjasama dan Ruang Lingkup Implementasi PSB Online

Pada Umum-nya dalam Penyelengaran PSB Online pihak Sekolah atau Dinas Pendidikan berkerjasa sama dengan Konsultan IT dan Vendor dalam meng-implementasi-kan PSB Online.

Ruang Lingkup Implementasi PSB Online yang jelas adalah hal yang penting bagi Konsultan IT maupun Vendor dan client (Sekolah/Dinas Pendidikan) agar  saling mengetahui dengan jelas hal-hal yang menjadi tanggung jawab masing-masing pihak.

Sebagai Contoh :
  • Konsultan IT berserta Vendor bertanggung jawab menyediakan Aplikasi PSB Online untuk jejang SMP dan SMA (dengan jelas disebutkan SD dan SMK tidak termasuk)
  • Dalam Proses Sosialasi pada Siswa dan masayarakat yang berperan aktif adalah Pihak Client (Mis: Dinas Pendidikan)

B. Koordinasi dengan Pihak Penyelengara/Penanggung jawab PSB Online

Bila Penyelengara PSB Online ini adalah Dinas Pendidikan maka koordinasi dan komunikasi yang lancar antara Konsultan IT dengan Dinas Pendidikan (client)  harus tercipta, Beberapa point yang penting dalam agar koordinasi berjalan lancar ialah:
  • Persamaan persepsi mengenai proses/prosedure Penerimaan Siswa Baru.
  • Saling mengetahui tanggung jawab masing-masing pihak dalam implementasi PSB Online

C. Pelatihan kepada Operator PSB Online.

Para Operator PSB online memilik yang tugas utama input dan dan verifikasi data sangat diperlukan Pelatihan yang cukup demi tercapainya PSB Online yang sukses. Hal-hal yang perlu dipahami dengan baik oleh Operator PSB Online adalah:
  • Pemahaman Dengan Baik Alur Proses dan Tata Cara PSB Online
  • Cara Pengoperasian Aplikasi PSB Online yang benar
  • Cara Monitoring dan Tracking Data Peserta PSB Online

D. Sosialiasi Pada Siswa

Karena PSB Online masih sesuatu yang baru maka idealnya diperlukan Sosialasi secara LIVE kepada siswa kelas 3 SMP (Sebaiknya beserta orang tua siswa) dan kelas 6 SD (Sebaiknya orang tua siswa) mengenai Alur Proses dan tata Cara PSB Online secara presentasi di depan kelas dan bila diperlukan dilakukan Demonstrasi. Untuk siswa kelas 3 SMP selain sosialiasi secara Presentasi mereka dapat melakukan Simulasi PSB Online.

E.  Sosialasi Pada Kepala Sekolah dan Panitia Sekolah

Bila PSB Online adalah program dari Dinas Pendidikan maka diperlukan Sosialasi Penyelegaraan PSB Online terutama mengenai Alur Proses data Tata Cara PSB Online kepada Kepala Sekolah dan Panitia Sekolah pada Sekolah-sekolah yang mengikuti PSB Online.

F. Membuat Media Sosialiasi

Media sosialasi dalam Penyelengaraaan PSB Online diperlukan meskipun sebuah Daerah telah melakukan PSB Online berkali-kali. Media Sosialiasai berfungsi sebagai pengingat kepada masyarakat dan calon siswa Penyelengaraan PSB Online  dan juga dapat befungsi sebagai panduan dalam pelakasan PSB Online bagi Orang Tua Siswa dan Calon Siswa
Media sosialiasi itu adalah sebagai berikut :
  • Pamflet
  • Baligho
  • Spanduk
  • Bila diperlukan Iklan Di Media Cetak, TV, Radio
  • Bila diperlukan Buku Saku Sederhana tentang Panduan Singkat PSB Online yang dibagikan pada Siswa Calon Peserta PSB Online

G. Sosialasi kepada Tokoh Masyarakat dan Penjabat Pemerintah

Agar pelakasan PSB Online dapat berjalan lancar maka sosialisi Tanggal Pelaksanaan dan Alur Proses PSB onlie secara global perlu disosialiaskan  kepada Tokoh-tokoh masyarakat dan pejabat pemerintah yang terkait dengan harap mereka dapat memberikan dukungan/support dalam pelaksaan PSB. Dukungan dari Tokoh masyarakat dan Pejabat Pemerintah dapat membantu secara moril dalam men-sukses-kan PSB Online.

H. Internal Testing Aplikasi

Internal Testing Aplikasi PSB Online adalah hal yang mutlak harus dilakukan jangan sampai terjadi ditemukan error disaat PSB Online tengah berlangsung. Hal yang perlu menjadi perhatian utama  dalam testing adalah Bisnis Proses/Alur Proses PSB Online harus sesuai dengan yang telah disepakati dengan Panggung Jawab Penyelegaran PSB Online dalam Hal Ini adalah Dinas Pendidikan.

I. Persiapan Komputer Server

PSB Online tidak terlepas dari peran Komputer Server yang dapat di-andal-kan, Oleh karena itu pemilihan Komputer Sever  harus yang  mencukup kebutuhan Apliksi PSB Online dan telah mempertimbangkan performance komputer sever disaat beban puncak, karena disaat PSB Online berlangsung akan terjadi lonjakan akses aplikasi PSB Online yang sangat tinggi, jadi jangan sampai terjadi Server Down atau menjadi lambat sekali.

J. Persiapan/Cek Jaringan Lokal dan Internet di Laboratorium atau ruangan yang di pakai untuk Posko PSB

PSB Online mengandalkan Komputer dan Jaringan komputer & Internet dalam pelakaan PSB Online oleh karena itu diperlukan perhatian yang cukup dalam persiapan infratruktur ini dimulai Internet yang kecepatannya cukup, Jaringan komputer lokal yang sudah terkoneksi dengan baik, komputer-komputer yang akan digunakan dalam kondisi sehat. Semuanya harus sudah  dalam kondisi ready minimum 3 hari sebelum pelaksanaan PSB Online

Tidak ada komentar:

Posting Komentar