Jumat, 01 Oktober 2010

Profit Open Source and Free Software

Prinsip dasar BISNIS pada inti hanyalah BERJUALAN, dan TUJUAN UTAMA perusahan adalah mendapatkan KEUNTUNGAN MATERI dari berjualan dan bagaimana pejualan agar dapat berhasil kunci-nya adalah dari CARA BERJUALAN yang didalamnya terdapat STRATEGI PEMASARAN.

STRATEGI PEMASARAN dapat berlaku juga di industri-industri software, Salah satu solusi yang dapat di coba dalam STRATEGI PEMASARAN adalah dengan OPEN SOURCE dan Free  SOFTWARE dalam rangka meningkatkan penjualan software baik secara prodak atau service.

Secara prinsip Symbiosis Mutualism, OPEN SOURCE & Free Software adalah baik bagi pengguna maupun vendor/pembuat software, Untuk pengguna menggunakan prodak Open Source dan Free dapat mengurangi biaya operasional dalam penyelenggaraan IT (Information Teknologi) dan bagi Vendor vendor/pembuat software memberikan efek positif keuntungan sebagai berikut:

1. Free & Open Source adalah Strategi Pemasaran

Iya Betul, Open Source adalah Strategi Pemasaran dalam mempromosikan sebuah software baru kepada pasar, tidak mudah untuk dapat menembus pasar, mengenalkan software baru apalagi harus MEMBELI/MEMBAYAR Software.

Tantangan-nya pun semakin berat untuk MERK software yang dibuat dari perusahan IT kecil atau software-sofware house kecil ,hal itu disebabkan oleh KEPERCYAAN Calon pembeli mengenai prodak/software baik dari sisi kualitas prodak/software maupun dari Service yang akan didapat.

Prinsif dari pembeli pada umumya adalah Calon Pelanggan akan membeli/membayar bila sudah mengetahui kualitas-nya dan sesuai dengan yang dibutuhkan-nya dan biasa-nya Calon Pembeli tidak akan merasa keberatan bila diminta hanya sekedar "mencicipi" atau "mencoba" tanpa harus membayar alias GRATIS".

Karena alasan itu FREE & OPEN SOURCE dapat menjadi alternatif dalam memasarkan Sofware Baru, yaitu dengan ber-prinsif distribusikan seluas mungkin agar semakin besar pontesi orang mencoba sehingga semakin populer prodak/software tersebut dan biarkan mereka memutuskan apakah mereka menyukai/membutuhkan prodak/software tersebut.


2 Mengurangi Biaya Promosi dan Pemasaran

Pada umum-nya biaya promosi dan pemasaran adalah salah satu pos anggaran cukup besar baik dari sisi biaya maupun effort yang dilakukan, seperti untuk iklan, bertemu dengan client/penawaran, dsb.

Dan pada umum-nya di Software house menengah/kecil anggaran untuk pemasaran jumlah-nya kecil atau bisa jadi sangat minim sekali. 

Salah satu alternatif yang dapat dilakukan oleh industri/-industri kecil-menengah untuk menekan biaya Promosi dan Pemasaran adalah dengan memberikan software mereka secara FREE dan OPEN SOURCE, kemudian biar orang-orang yang "mencicipin & mencoba" menjadi SALES dari PRODAK/SOFTWARE kita.

3 Strategi Bersaing dengan Perusahan Raksasa

Dipasar untuk Software house menengah/kecil akan sulit bersaing dengan perusahan besar/rakasa Untuk PRODAK yang mirip dan secara kualitas dapat bersaing.

Dikarena-kan perbedaan anggaran pemasaran mereka lebih besar dan resource yang mereka milik lebih banyak serta KREDIBILITAS yang terbanggun lebih baik di pasar, tetapi Prodak/Software karya-karya perusaha besar biasanya berbayar dan close source, dan ini adalah celah yang bisa dimanfaatkan oleh Software house menengah/kecil untuk masuk ke pasar dengan memberikan FREE dan OPEN SOURCE sofware/prodak karya-nya.

4 Free & Open Source Get FeedBack Software/Prodak

Free & Open Source adalah dapat menjadi alat untuk mendapat FeedBack Software/Prodak, baik dari sisi teknikal programming atau dari funtional yang dilakukan oleh pihak-pihak yang telah mencoba-nya,

Hal ini sangat bermanfaat bagi vendor untuk meningkatkan kualitas prodak/software tersebut. Selain itu dapat Mengurangi biaya untuk Q-A (QUALITY ANSURANCE) karena Mereka yang memberikan Feedback bagaikan Q-A (QUALITY ANSURANCE) Gratis untuk Prodak/Software yang dibuat Vendor.

5 Kolaborasi Development dengan Komunitas

Komunitas dapat berisikan orang-orang yang pengalaman & keahlian tinggi dan pada umum-nya mereka bersedia berbagi/sharing dan berkontribusi secara iklas artinya, Komunitas adalah sebuah kekuatan, dengan melemparkan prodak/sofware ke komunitas dengan label OPEN SOURCE dan FREE akan memberikan komunitas untuk berkontribusi dan terlibat dalam development prodak/sofware kita.

6 Pemasaran Tersembunyi untuk Prodak/Software Berbayar

Prodak/Sofware yang di Open Source & Free dapat menjadi sebuah alat pembuka untuk masuk kepasar dari Prodak Komersial yang sebenar-nya.

Misalkan sebuah software A di berikan Open Source & Free yang mana sebenernya software A adalah pembuka pasar agar Software B yang Close Source dan Komersial dapat terjual atau untuk dapat juga menjual perangkat keras yang di bundel dengan Software Open Source & Free.



POTENSI PROFIT OPEN SOURCE & FREE SOFTWARE
 
Bila disimpulkan Open Source dapat memangkas/menghemat biaya promosi dan pemasaran penjualan, jika prodak/software diterima pasar maka potensi keutungan terbuka lebih besar, berikut ini adalah potensi keutungan Open Source dan Free Software/Prodak.

a. Potensi Sumber Pendapatan/Materi dari Open Source & Free Prodak/Software:
  1. Penjualan Hardcopy User Manual dan CD Aplikasi (merchandise bila ada)
  2. Penjulan Perangkat Keras yang di bundle aplikasi/prodak/software sendiri
  3. Penyelegaraan Support Berbayar (Dapat berupa Forum dan Milis, Chat Conferance/Private, Contact Person Service, Live Support)
  4. Biaya Instalasi, Customize dan Request Spesial Fitur
  5. Training dan Pendampingan
  6. Biaya Service consult Bisnis Proses dan Implementasi Sistem/Aplikasi/Bisnis Proses dalam organisasi/perusahaan
  7. Release Sofware/Prodak berbayar dari Varian Free/Open Source
  8. Pemasaran Tersembunyi Untuk Prodak/Sofware Komersial
b. Potensi Keuntungan Non Materi
  1. Kualitas Prodak/Software dapat semakin mature
  2. Popularitas Prodak/Sofware
  3. Promosi Vendor (Perusahan yang membuat sofware tersebut)


Berikut ini salah satu kisah singkat perusahaan yg menerapkan Open Source dalam pemasaran prodaknya.

"mySQL AB di Swedia pergi dari nol untuk menjadi nama merek dalam teknologi database (MySQL) dalam waktu tujuh tahun, penyebaran prodak-nya lebih dari 4 juta di seluruh dunia, pendapatan US $ 10 juta dalam penjualan tahunan dan berkembang."


2 komentar:

  1. saya mahasiswa dari Jurusan Informatika
    Artikel yang sangat menarik, bisa buat referensi ini ..
    terimakasih ya infonya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulilah kalau bermanfaat, Makasih

      Hapus