Jumat, 27 Mei 2011

Linux Find String in File

Di dalam keseharian menggunakan komputer aktivitasi pencarian data adalah sesuatu yang sering dilakukan, Aktivias pencarian data dapat berbentuk pencarian file dan direktori pada komputer, pencarian data pada database atau pencarian data berupa kata/kalimat yang terkadung dalam sebuah file teks.


Pencarian data berupa kata/kalimat yang terkadung dalam sebuah file teks biasanya sering dibutuhkan oleh orang-orang yang biasa berkerja dengan file teks, sebagai contoh web programmer yang banyak menuliskan baris-baris kode program atau administrator server yang sering menuliskan berbagai macam shell script.

Pada posting ini akan menjelaskan melakukan pencarian data berupa kata/kalimat yang terkadung dalam file teks pada komputer bersistem operasi linux. Operating System yang digunakan pada praktek ini adalah Ubuntu 10.10 - Maverick Meerkat.

Berikut ini adalah cara untuk melakukan pencarian Kata atau Kalimat yang terkandung pada file teks.

Pola
grep -l -r "kata/kalimat yang dicari" .
Contoh
grep -l -r "php_compat_array_fill" .
Perintah diatas adalah melakukan pencarian kata/kalimat php_compat_array_fill diseluruh file teks yang dimulai dari path dia berada.

Hasilnya adalah sebagai berikut
./PHP/Compat/Function/array_fill.php
Tulisan diatas mengartikan bawah kalimat atau string bertuliskan php_compat_array_fill telah ditemukan pada file bernama array_fill.php

Berikut ini adalah penjelasan perintah diatas.
  • grep adalah program melakukan pencarian.
  • Kalimat yang ada didalan tanda kutip (") mengartikan bahwa kalimat atau kata yang dicari
  • -l artinya hasil pencarian akan menampilkan nama file yang mengandung kalimat/kata yang dicari dalam disajikan dalam bentuk daftar.
  • -r artinya proses  pencarian akan melakuan pencarian kedalam seluruh direktori
  • simbol titik (.) adalah mengartikan pencarian dimulai dari path saat sekarang. Anda juga bisa menulis seperti ini absolute path seperti ini /home/dendie/aplikasi/ itu artinya pencarian dilakukan dimulai dari direktori tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar