Minggu, 28 Agustus 2011

Selinium IDE : Automating Testing Web App

Testing software adalah tahapan dalam development software yang bertujuannya untuk mencari sebanyak-banyaknya error berdasarkan test case.

Testing software mutlak diperlukan untuk menghasilkan software yang berkualitas.

Jenis testing software terdiri dari beberapa macam, antara lain adalah Functional Testing. Berikut ini adalah pengertian tentang Functional Testing.
  • Functional testing adalah pengujian berjenis black box testing.
  • Functional testing adalah pengujian berdasarkan kasus/case yang akan diberikan pada suatu komponen, modul atau fitur yang akan di testing.
  • Functional Testing dilakukan dengan cara memberikan inputan pada komponen, modul atau fitur kemudian memeriksa hasil output nya.
  • Apabila output yang dihasilkan sesuai dengan harapan artinya benar, apabila tidak sesuai maka bagian tersebut terdapat error.
Untuk melakukan Functional Testing dapat dilakukan secara manual atau secara langsung oleh manusia yang biasa disebut dengan tester, atau dapat menggunakan sebuah Software Tester. 

Selinum IDE adalah sebuah tool/software yang khusus untuk melakukan Functional Testing pada aplikasi berbasis web. Selinium IDE berbasis plugin pada web browser Firefox.

Slide dibawah ini adalah penjelasan lebih lebih dalam tentang Selinium IDE dari instalasi hingga penggunaannya.


1 komentar:

  1. Terima kasih telah berbagi. Artikel yang bermanfaat, gan! testing tools Terima kasih :)

    BalasHapus