Sabtu, 22 Oktober 2011

Domain Name

thesavvydomainer.com
Domain Name atau biasa disebut domain adalah serangkaian huruf dan angka atau nama unik yang bertujuan untuk mengidentifikasi nama server komputer. Domain memberikan kemudahkan bagi pengguna untuk melakukan akses dan mengingat alamat komputer server dibandingan menggunakan IP Address.

Sebagai contoh adalah domain google.com memiliki IP Address 74.125.235.50, Maka Server Google akan lebih mudah untuk diingat dengan nama google.com bila dibanding nomor IP Address-nya.

Berikut ini adalah contoh google.com diakses menggunakan IP Address 74.125.235.50

Klik untuk lihat lebih besar










Organisasi yang mengawasi dan mengatur dalam pembagaian nama domain adalah Internet Corporation for Assigned Names and Numbers (ICANN).

Domain terdiri dari beberapa level yang dipisahkan dengan simbol titik (.), Berikut ini adalah beberapa level domain.

1. Top Level Domain, adalah sederatan kata paling belakang dari sebuah nama domain.
  • .edu (dot education), Biasanya digunakan untuk hal yang berhubungan dengan pendidikan.
  • .net (dot network), Biasanya digunakan untuk hal kegiatan bukan komersial.
  • .info (dot info), Biasanya digunakan untuk hal kegiatan bukan komersial
  • .com (dot commercial), Biasanya digunakan untuk hal kegiatan komersial atau perdagangan.
  • .org (dot organization), Biasanya digunakan untuk kegiatan organisasi non-profit.
  • .gov (dot goverment), Biasanya digunakan untuk instiusi atau lembaga pemerintahan.
  • .mil (dot military), biasanya digunakan untuk kegiatan militer.
  • .biz (business), biasanya digunakan untuk hal kegiatan komersial atau perdagangan.
Top Level Domain terbagai menjadi dua macam, yaitu Global Top Level Domain (gTLD) dan Country Code Top Level Domain (ccTLD).

Global Top Level Domain (gTLD) adalah Top Level yang dapat digunakan oleh siapa saja tanpa menunjuk pada sebuah negara seperti .edu, .com, .net dsb.

Country Code Top Level Domain (ccTLD) adalah TLD yang diperuntukkan untuk masing-masing negara, seperti Indonesia dengan kode ID (co.id, net.id, or.id).

2. Second Level Domain (SLD), adalah nama domain yang urutan penulisannya sebelum TLD (Tol Level Domain). Misalkan google.com maka google adalah SLD dari.com atau yahoo.co.id maka yahoo adalah SLD dan .co.id

3. Third Level Domain adalah nama setelah Second Level Domain (SLD) atau umumnya disebut sub domain. Misalnya domain google.com memiliki sub domain groups.google.com


A. Ketersediaan Domain gTLDA

Untuk memeriksa ketersediaan sebuah domain, apakah sudah digunakan atau belum pada Global TLD dapat menggunakan website whois.net

Berikut ini cara memeriksa ketersediaan domain menggunakan whois.net


1. Pada Web Browser ketikkan alamat whois.net kemudian tuliskan nama domain yang akan diperiksa pada inputan Domain Lookup.

Sebagai contoh nama domain yang di periksa adalah dendi-sanjaya.com seperti yang ditunjukan pada gambar dibawah ini.

Klik untuk lihat lebih besar

2. Apabila tombol GO telah ditekan maka akan menampilkan sebuah halaman bahwa domain dendie-sanjaya.com tersedia, seperti yang ditunjukan pada gambar dibawah ini.

Klik untuk lihat lebih besar

Apabila sebuah domain yang di periksa ternyata telah digunakan atau tidak tersedia, seperti pada contoh dibawah ini dengan menggunakan nama domain google.com

Klik untuk lihat lebih besar

Maka akan menampilkan halaman bertuliskan "We're sorry, but the domain name you requested is unavailable at this time." seperti gambar dibawah ini.

Klik untuk lihat lebih besar

Apabila link View Whois di klik maka akan menampilkan informasi dari pemilik domain tersebut. Seperti contoh dibawah ini yang menunjukkan informasi pemilik domain google.com

Klik untuk lihat lebih besar



B. Ketersediaan Domain ccTLD

Untuk memeriksa ketersedia sebuah domain sudah digunakan atau belum pada ccTLD di Indonesia dapat menggunakan website pandi.or.id yang merupakan pengelolah resmi ccTLD Indonesia.

Berikut ini cara memeriksa ketersediaan domain menggunakan pandi.or.id

Pada Web Browser ketikkan alamat https://register.pandi.or.id/whois kemudian ketikkan nama domain yang akan diperiksa pada inputan Domain.

Sebagai contoh nama domain yang di periksa adalah dendie.or.id seperti yang ditunjukan pada gambar dibawah ini.

Klik untuk lihat lebih besar
Kemudian tekan tombol check, apabila menghasilkan pesan "Domain Belum Terdaftar" artinya domain tersebut masih tersedia atau belum digunakan.

Apabila sebuah domain yang diperiksa ternyata telah digunakan atau tidak tersedia, maka akan menampilkan informasi pengguna domain tersebut.  Sebagai contoh menggunakan nama domain google.co.id

Klik untuk lihat lebih besar

Klik untuk lihat lebih besar

1 komentar:

  1. Thank you for your information and follow also my article

    https://goo.gl/qhQCpA || https://goo.gl/EbasMJ || https://goo.gl/XKFyQU

    BalasHapus