Wednesday, December 26, 2018

Perkenalan Bahasa Pemrograman R

Bahasa Pemrograman R  adalah sebuah bahasa pemrograman yang dibuat oleh Ross Ihaka dan Robert Gentleman di Universitas Auckland, Selandia Baru, yang kini dikembangkan oleh R Development Core Team.




Nama bahasa pemrograman R diambil dari hurup awal pembuatan bahasa R yaitu hurup R, Bahasa Pemrograman R dirilis perdana pada tahun 1993 dan rilis stabilnya versi 3.4.1 30 Juni 2017 dibawah linsensi GNU General Public License.

Bahasa R pada umumnya digunakan untuk analisa data dan statistik yang tersedia telah diberbagai Operating System (Linux,Windows)

Bahasa R merupakan bahasa pemrograman untuk pengeloaan data statistik yang dapat disajikan dalam bentuk grafik, Bahasa R biasanya digunakan oleh pekerjaan di bidang Data Scientist.

Pekerjaan Data Scientist adalah bagian dari teknologi informasi yang berfokus kepada mengumpulkan, mengelola dan menganalisa data untuk menghasilkan informasi  yang bergunan untuk pengambilan keputusan.

untuk berkerja dibagian Data Scientist diperlukan memahami beberapa ilmu yaitu bahasa pemgrograman komputer, matematika, statisitk dan domain data dari persoalan data yang akan dianalisa (bidang bisnis, ekonomi, manajemen atau apapun), serta kemapuan meng-komunikasikan hasil dari mengelola data agar dapat dipahami oleh yang membutuhkan.


A. Instalasi

Software Bahasa R dapat di download di https://cran.r-project.org, Proses Instalasi Bahasa R di windows, hampir sama dengan proses instalasi program yang lain.

Apabila Instalasi Berhasil akan tampil seperti ini, ketika program dijalankan.

B. Praktek Sederhana

1. Melakukan statistika,  statiska sederhana menggunakan data sample bawaan dari sofware (sebagai contoh untuk menghitung rata-rata, nilai terendah, nilai tertinggi dan nilai tengah)

Pada console ketikan perintah data(), peritah data() adalah untuk menampilkan kelompok dataset (suatu objek data) yang telah ada di bahasa R Programing (dataset bawaan) yang bisa digunakan sebagai latihan



Sebagai contoh dataset yang akan dipilih adalah women, dari dataset women berisikan data sebanyak 15 yang terdiri dari kolom heigth dan weigth


Selanjutnya kita akan melakuk perhitungan rata-rata weigth dengan perintah mean(women$weight) 

Perintah mean adalah instruksi untuk melakukan menghitung rata-rata, women adalah nama dataset yang digunakan, $weight adalah nama kolom yang digunakan
  
Perintah menghitung rata-rata (mean), nilai terendah (min), nilai tertinggi (max) dan nilai tengah (media) dari dataset women kolom weigth
  
  
Perintah menampilkan grafik histogram dari dataset women kolom weigth hist(women$weight)



Perintah menampilkan grafik plot dari dataset women plot(women)


 
Perintah menampilkan grafik boxplot dari dataset women boxplot(women)



2. Mengambil data dari sumber external

untuk sumber data external data yang akan diolah harus berektensi csv, kemudian arahkan kelokasi  folder tempat data external berada dengan cara sebagai berikut.



Mengambil data external bernama gaji.csv 



Apabilad dilihat isi  file gaji.csv isinya adalah seperti ini



Berikut ini adalah video pemrograman R


No comments:

Post a Comment