Tuesday, March 19, 2019

Cloud - Virtualiasi Software

Virtualisasi adalah sebuah teknologi untuk membagi-bagi sumber daya (prosesor, ram, network, storage). Dengan teknologi virtualiasi memungkinkan sebuah sumber daya hadware komputer (prosesor, ram, network, storage) yang secara fisik satu unit menjadi dapat dirasakan seperti memiliki banyak komputer.

Gambar dibawah ini adalah sebuah analogi teknologi virtualiasi















Analogi Virtualiasai


Pada gambar diatas menjelaskan sebuah contoh terdapat tiga buah komputer fisik yang masing-masing menjalankan operating system, dengan tekonologi virtualiasi tiga unit komputer dapat digantikan dengan satu buah komputer secara fisik yang didalamnya menjankan tiga buah operating system secara bersamaan.

Komputer yang menjadi penyedia layanan virtualiasai disebut dengan Computer Host dan yang menjadi computer virtual di sebut dengan Virtual Mechine / Computer Guest

Dalam satu komputer fisik yang menjadi Computer Host dapat memiliki banyak Virtual Mechine / Computer Guest yang di tentukan berdasarkan tingkat kapasitas resource Computer Host

A. Benefit Menggunakan Virtualisasi

Dalam menggunakan teknologi virtual memiliki beberapa benefitnya, yaitu sebagai berikut :

  1. Mengurangi pengadaan investasi komputer server, karena dengan virtualiasi satu komputer server secara fisik dapat dibagi resesource menjadi banyak komputer virtual
  2. Fleksibilitias dalam backup dan restore data, kerena satu buah virtual mechine akan menjadi sebuah file image, sehingga tingkat flexibelitas nya sangat tinggi untuk di pindah dan disalin.
  3. Server virtual dapat di cloning dan dapat dijalankan di mesin atau komputer lain dan hal ini dapat dimanfaatkan untuk HA (High Availibity)
  4. Secara fisik komputer sever secara fisik akan lebih sedikit sehingga ruangan atau tempat yang diperlukan akan lebih kecil
  5. Menghemat biaya listrik, karena komputer server secara fisik lebih sedikit maka beban listrik yang dibutuhkan akan berkurang
  6. Kemudahan Replacement, apabila komputer server secara fisik sudah kelebihan beban karena virtual mechine telah banyak, maka dengan mudah dan cepat dapat memindahkan seluruhnya atau sebagai ke komputer server fisik yang lain.


B. Macam – Macam Sofware Virtualisasi

Teknologi virtualiasi adalah suatu teknologi yang dapat meningkatkan efisiensi baik dari biaya dan maintenance, serta seiring dengan tingkat permintaan pasar akan layanan cloud computing yang terus meningkat.

Hal tersebut menjadi faktor yang secara bisnis memiliki potensi yang sangat bagus, sehingga banya perusahaan-perusahaan ITmengeluarkan produk-produk software yang berkaitan dengan virtualiasi.

Adapun organisasi atau komunitas nirlaba yang mengembangkan dan me-maintance ¬¬produk mereka dengan biaya pengembangannya berharap dari donasi, Pendidikan & pelatihan dan menerima projek

Sofware – software virtual mechine yang ada yang bisa didapat secara gratis, limited dan berbayar.


B.1 Oracle Virtual Box

Virtual Box pada awalnya dikembangkan oleh perusahan jerman bernama Innotek GmbH kemudian diakusisi oleh perusahan Sun Microsystem, yang kemudian menjadi milik Oracle karena Sun Microsystem diakuisisi.

Virtual Box adalah VM yang sangat popular digunakan dan dapat diinstall di berbagai Operating sytem window, OS X, Linux dan Solaris.

Penggunaa Oracle Virtual sangat mudah, sehingga sangat coock untuk yang pertama kali mencoba mengunakan teknologi virtualisasi.

Gambar Oracle Virtual Box

OVB dapat di download di https://www.virtualbox.org/wiki/Downloads

B.2  VMWare

Pada tahun 1998 perusaha VMare didirikan dengan rilis produk virtulias pertamnya pada mei 1999 dengan produk bernama VMWare Workstation dan yang pertama berhasil melakukan virtualiasi pada komputer arsitekur x86

Kemudian VMare diakuisi oleh perusahan EMC, yang kemudian pada tahun 2016 perusahan Dell Technology mengakusi EMC

VMWare memiliki banyak produk diantara lain sebagai berikut :
  1. VMware Workstation adalah produk pertama yang diluncurkan oleh VMware. perangkat lunak ini memungkinkan pengguna untuk menjalankan beberapa sistem operasi dengan arsitekur x86 atau x86-64 pada satu komputer pribadi fisik
  2. VMware Workstation Player adalah perangkat lunask freeware untuk penggunaan non-komersial, tanpa memerlukan lisensi, Ini mirip dengan VMware Workstation, tetapi fungsionalitas yang berkurang.
  3. VMware ESXi, adalah sebuah software yang berjalan langsung pada komputer server
  4. VMWare VRealize SUitu adal produk untuk platform untuk manajemen cloud
  5. VMware vSAN adalah produk solusi peyimpanan data
  6. VMware NSX adalah produk virtualisasi jaringan dari VMware



Gambar VMare

Untuk menggunakan versi free dapat didownload di https://www.vmware.com/products/workstation-player/workstation-player-evaluation.html

B.3 Microsoft Hyper V

Microsoft Hyper V adalah produk software dari Microsoft untuk pembuatan virtual mechine, Hyper V pertama kali rilis pada bulan oktober 2008 di window server 2008 R2.

Hyper-V tersedia dalam tiga versi, yaitu sebagai berikut :

  1. Hyper-V untuk Windows Server adalah add-on untuk OS Windows Server.
  2. Server Hyper-V, di sisi lain, software yang mandiri untuk digunakan mengelola layanan server virtual.
  3. Hyper-V pada Windows 10 & 8 adalah versi yang berjalan di laptop / desktop



Gambar Microsoft Hyper-V

B.4  Openstack

Openstack adalah sebuah software operating system untuk cloud computing yang digunakan untuk memberikan layanan Infrastructure as a service (IaaS) untuk memberikan layanan server virtual.

OpenStack pertama rilis pada tahun 2010 kemudian untuk mempromosikan pernagkat lunak dan komunitas dibentuklah organiasi nirlaba bernama OpenStack Foundation.

OpenStack adalah proyek dari RackSpace Hosting bersama NASA yang dikelolah oleh OpenStack Foundation sebuah organiasi Nirlaba yang didirikan tahun 2012

Openstack bersifat opensource dan free, kemudian pengembangannya didukung oleh sponsor Linux Ubuntu yaitu perusahaan Canonical dan pada tahun 2013 Oracle mengumumkan telah bergabung dengan Openstack sebagai sponsor.

Gambar Openstack

Openstack dapat didownload di https://www.openstack.org/software/

B.5  Promox VE (Virtual Eviroment)

Promox VE adalah distro spesial yang dibangun dari basis distro Debian, untuk virtualiasi komputasi, Promox bisa didapatkan secara free dan opensource.

Proxmox Virtual Environment adalah sebuah proyek open source yang di kembangkan Proxmox Server Solutions GmbH di Jerman.Promox mengeluarkn produk Promox VE pada bulan April 2008.

Promox VE adalah platforma virtulisasi yang mampu mengelola dua teknolgi virtualiasi yaitu KVM untuk mesin virtual dan LXC untuk container-based

Berikut ini adalah beberap mamfaaat menggunakan Promox VE:

  1. Memiliki kinerja yang cukup baik.
  2. Mudah dalam melakukan manajemen.
  3. Dapat digunakan untuk kelas Enterprise.
  4. Proxmox juga dilengkapi dengan VNC Viewer sehingga jika menginginkan virtualisai dengan lingkungan Desktop / GUI



Gambar Promox

Promox dapat di download di https://www.proxmox.com/en/downloads


Artkel yang berkaitan :

No comments:

Post a Comment