Jumat, 26 November 2010

Webmatic

Bila diartikan secara harfiah kata WebMatic adalah gabungan dari kata Website dan Otomatis.

Popularitas website setiap tahunnya semakin meningkat, keingginan maupun kebutuhkan memiliki website tidak hanya diinginkan oleh perusahaan melainkan kini setiap indvidiu berkeinginan untuk memiliki website pribadi (bukan blog seperti wordpress.com atau blogpsot.com).

Alasan keinginan perusahaan memiliki website dapat sebagai profile perusahaan saja atau website sebagai media transaksi bisnis, seperti www.bhineka.com yang menjual secara online berbagai macam perangkat komputer.

Sedangkan motif bagi individu memiliki website pribadi dapat bertujuan untuk menciptakan Personal Branding dirinya (misalkan seorang arsitek, programmer, dokter, dll), konten dari website jenis tersebut berisikan portofolio pekerjaan dan keahliannya yang dapat meningkatkan kredit profesi dirinya.

Motif lain individu memiliki website pribadi adalah sebagai media untuk sharing pengalaman & pengetahuannya atau dapat menjadi media dokumentasi kegiatan pribadi & keluarga yang ingin di sharing kepada publik.

Bagi perusahan menengah ke atas untuk membuat website mungkin tidak terlalu masalah, karna perusahan dapat merekrut staff atau meng-outsoure-kan pekerjaan tersebut pada developer. Tetapi untuk perusahan kecil untuk memiliki website cukup sulit karena keterbatasan dana dan sdm (sumber daya manusia) yang dimiliki perusahan.

Sedangkan untuk individu untuk memiliki website dirasakan cukup berat karena biaya untuk membuat website terasa besar bagi kebanyakan orang serta kurangnya keterampilan & pengetahuan yang dimiliki individu dalam membuat website. Dari problem tersebut muncul sebuah ide untuk memberikan solusi dari problem tersebut yaitu menciptakan Layanan Webmatic.

Inovasi Webmatic adalah terobosan cermerlang dalam bisnis internet karena dengan hadirnya webmatic akan mempermudah dan "membumikan" proses pembuat-pembuat website bagi masyarakat umum yang ingin memiliki website.
Kemudahan yang ditawarkan webmatic kepada user adalah enkapsulasi poses-proses development website dan konfigurasi website untuk dapat online. Berikut ini adalah beberapa kemudahan yang ditawarkan oleh webmatik.
  • Webmatic menyediakan reseller domain, jadi user dapat membeli domain melalui perantara webmatic.
  • Proses mounting dari domain ke hosting di lakukan webmatic.
  • Disediakan pilihan beragam template web untuk website anda, dan template tersebut dapat diganti sesukan hati anda dikemudian.
  • Menyediakan admin page untuk mengelolah konten website Anda.
  • Dengan webmatic user tidak perlu keterampilan teknis untuk memiliki website, dan kebutuhan umum website telah disediakan.
  • Dengan webmatic proses untuk memiliki sebuah website sangat cepat, dalam waktu kurang dari satu hari Anda dapat memiliki sebuah website yang siap untuk digunakan.
  • Webmatic memberikan kebebasan kepada user untuk melakukan customize website secara mandiri tanpa biaya tambahan yang diberikan kepada developer.
Sedangkan untuk perusahaan developer, bisnis Webmatic cukup menguntungkan karena secara biaya perusahan cukup investasi diawal untuk membuat engine webmatic kemudian engine tersebut dijual dan digunakan secara massal.

Untuk menjaga income perusahaan biasanya webmatic dijual dengan cara membership  berlangganan berbayar.

Dan untuk meningkatkan penjualan Webmatic biasanya perusahaan menggunakan strategi pemasasan mlm (multi level marketing). Penjualan Webmatic biasanya dikemas dalam bentuk StarterKit untuk memberikan kesan prodak eksklusif.

Berikut ini adalah isi dari Startekkit Webmatic pada umumnya.
  • Buku Panduan Penggunaan Webmatic
  • Video Tutorial Tentang Webmatic
  • Buku Tentang Webdesign
  • Member Card
  • Voucer Training/Workshop/Seminar

Penjulan Webmatic menggunakan strategi pemasaran mlm (multi level marketing) memberikan manfaat lain untuk perusahan yaitu terbentuknya sebuah network member

Network member pada mlm (multi level marketing) dapat terbentuk karena perusahan memberikan imbalan untuk tiap membernya yang dapat mengajakan orang lain untuk membeli webmatic (otomatis jadi member baru).

Network member yang telah terbentuk dapat dimanfaatkan oleh perusahaan untuk memperluas bisnisnya, Semakin banyak jumlah member maka semakin sebesar peluang untuk sukses, karena jumlah member mempengaruhi jangkauan pemasaran prodak atau service yang dijual oleh perusahaan.

Selain profit dari penjualan webmatic, terdapat profit lain yang dapat digali dari bisnis webmatic, berikut ini adalah potensi-potensi profit tersebut.
  • Menyelengarakan Training Webmatic, Web Design, Web Programming.
  • Berjualan Template untuk webmatic.
  • Reseller Webmatic.
  • Reseller Domain.
  • Penyewaan Hosting.
  • Jasa pembuatan Web Design & Web Development.
  • Pemasangan Iklan Berbayar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar