Selasa, 22 Maret 2011

Forum Web Anak Bandung (Fowab) ke-5

Acara Forum Web Anak Bandung (FOWAB) ke 5 merupakan acara yang telah di selenggarakan hari Sabtu, 



pada tanggal 19 Maret 2011 di S28 Cafe & Resto, Jl. Sulanjana No. 28, Bandung bekerjasama dengan SparxUp Award yang menghadirkan teman seminar "Technology Trends for Digital".

Acara ini dihadiri oleh peserta sekitar 70 orang dari berbagai latar belakang, ada programmer, mahasiswa atau yang ingin mengikuti acara saja dan yang "sedikit curi-curi dengar dari pengunjung cafe" :D

Acara Fowab berlangsung dari pukul 5.30 hingga pulul 22.00. Pada sesi pertama dibuka dengan 10 by 10 yang artinya menampilkan 3 buah presentasi partisipan yang terpilih oleh panita FOWAB 5 dengan durasi 10 Menit/presentator.

Tujuan dari sesi 10 by 10 adalah sebagai sarana bagi partisipan untuk ber-presentasi, karena pada umum-nya (sangat relatif) orang yang bekerja teknis di bidang IT membutuhkan sarana untuk mengasah kemampuan komunikasi agar gagasan-nya dapat dimengerti oleh orang lain.

10 Menit memang waktu yang sangat singkat untuk mem-presentasikan sesuatu apalagi bila kontent yang di sampaikan berupa teknis, tetapi mari coba kita ambil intisari dari presentasi sesi 10 by 10 tersebut


a. Berikut ini tiga presentasi dari sesi 10 by 10.

1. Teguh Nugraha - "The Ultimate Sophistication: Simplicity"

Saudara Teguh ingin mengingatkan kepada developer dalam membuat aplikasi/website yang berorientasi pada konsumen harus memperhatikan kesederhanaan dalam menggunakan aplikasi/website tersebut. Apabila dalam teori White Box Testing Software terdapat pengukuran kompleksitas sebuah kode program di ajurkan tidak memiliki tingkat kompleksitas melebih tiga level untuk mencapai sebuah tujuan, apabila lebih dari tiga level maka perlu diperbaikin atau di-pecah menjadi beberapa bagian.

Apabila di kaitkan dalam konteks prodak/service teknologi yang berorientasi pada konsumen sebaiknya dalam mengoperasikan sebuah proses pada aplikasi/website tahapan/langkah-langka yang diperlu dilakukan pengguna maksimal tiga tahapan/langkah untuk mencapai tujuan yang diperlukan pengguna.

2. Anggi dan Willy dari Bistip.com -  "Agile Web Development".

Bistip.com adalah sebuah website yang menurut saya inovatif karena website ini menawarkan cara titip membawakan barang secara elektronik kepada orang yang sedang berpergian kesuatu daerah. Misalkan kita bisa titip bawakan sesuatu pada orang yang sedang jalan-jalan di-singapore yang minggu depannya akan kembali ke-jakarta. Jadi langsung aja yang mau titip-titip ke TKP di Bistip.com

Presentasi ini menjelaskan sebuah model development software menggunakan Agile, pada intinya Agile untuk mendukung sebuah development software yang cepat dengan cara men-delivery software melalui interasi yang terus menerus dan berkelanjutan.

3. Asep Bagja founder dari Magikube.com - "Cross Platform Tools"

Magikube.com adalah Developer Software di Bandung, Indonesia yang merupakan startup baru dan memutuskan berfokus kepada mobile e-commerce theme dan mobile native e-commerce apps.

Dalam pengembangan prodak mobile secara umum terbagi menjadi Mobile Web Application yang menggunakan media browser seperti opera Mini dan Web Mobile Native Application yang di-instaal pada device-device mobile.

Membuat applikasi mobile yang berjenis native memiliki tantangan tersendiri yaitu perberdaan paltform dari device mobile tersebut, seperti iOS, Android dan BlackBerry, ternyata terdapat solusi untuk perbedaan platform tersebut dengan menggunakan Titanium SDK.

Titanium SDK bebasiskan javascript, jadi dengan menggunakan Titanium developer cukup menuliskan kode program javascriot satu kali kemudian Titanium SDK dapat melakukan kompilasi ke berbagai platform (iOS, Android dan BlackBerry), hasil kompilasi yang dilakukan oleh Titanium SDK adalah benar-benar menjadi binari/native bukan wraper.


b. Presentasi dilanjutkan dari Biznet

Biznet menjelaskan tentang layanan Cloud Computing dari Biznet. Pada inti nya Biznet adalah ber-promosi layananan-nya tetapi dari sesi teknologi kita dapat melihat trend internet kini telah mengarah kepada kebutuhan cloud computing atau semacam Virtual Private Server.  Trend Cloud Computing tersebut dinilai lebih ekonomis bila dibandingkan dedicated server dan lebih Power Full dan Customizable bilang dibandingkan dengan share hosting.

Harga layanan Cloud Computing yang ditawarkan biznet dimulai Rp 2.000.000/bulan yang menurut saya cukup mahal, mungkin bila nanti biznet telah BEP (balik modal... hehehe) atau semakin banyak kompetitor serta pasar cloud computing semakin luas maka harga dapat dikurangi.


c. Presentasi dilanjutkan MPI & SPARKUP Award

Prestasi diberikan oleh Herman Kwok (Direktur Semut Api Colony) dari MPI (Merah Putih Inkubator) & perwakilan dari SparkUP Award

SparkUP Award adalah sebuah kompetisi web untuk para start-up digital Indonesia, SparkUP Award membuka peluang untuk start-up digital indonesia meraih sukses dan menjadi lebih produktif.

Kreasi yang dihasilkan melalui acara ini diharapkan dapat merangsang industri kreatif lokal digital, sehingga mereka bisa bersaing di tingkat internasional. Selain itu Sparx Up sebagai tempat untuk start-up berkomunikasi dan memperoleh wawasan satu sama lain .

gantibaju.com, lewatmana.com, eevent.com, kartumu.com, krazymarket.com, nulisbuku.com adalah beberapa pemenang dari SparkUP Award dari beberapa kategori.

Penjurian start-up adalah penjurian yang berkulitas itu terbukti dari gantibaju.com menjadi  Asia’s Top 10 Apps Accelerate 2010 di Singapura dan lewatmana.com yang mendapatkan penghargaan dari Netexplorateur di Perancis.

Untuk The Best Rising Star 2010 diberikan hadiah sebesar Rp 150 jt dan The Most Promising Start Up 2010 diberikan hadiah sebesar 50 juta rupiah.

Kemudian diberikan Coaching on operations selama 6 bulan serta Credit Adwords worth sebesar US$ 1000 dan Credit Kaskus Ads worth sebear IDR 500.000. Sekitar bulan Juni –  Juni 2011 akan diadakan kembali acara SparxUp Award yang kedua.

Merah Putih Inkubator (MPI) adalah inkubator lokal yang hadir untuk memberikan peran dalam mendukung perkembangan startup lokal, dengan bentuk inkubator dan tagline ‘Ignite the Ideas’. 

Merah Putih memberi dana investasi kemudian dukungan dalam hal mentoring, nasihat dan konsultasi dari sudut pandang bisnis, strategi monetisasi, serta pemasaran, termasuk juga dukungan ruang kantor serta fasilitas pendukung lainnya. 

Manajemen di balik Merah Putih Inc adalah Danny Wirianto (Chairman), Antonny Liem (CEO), Herman Kwok (CMO), David Wayne Ika (Senior Vice Preseident).

Semakin banyak inkubator lokal maka akan semakin bagus yang akan menjadi pemain kuat di regional dan global, serta industri digital menjadi pemain lokal yang kuat. MPI akan fokus pada komunitas, mobile platform, e-commerce, dan game

Sebagai informasi tambahan Merah Putih Inc. saat ini telah menginkubasi 6 startup lokal yaitu LintasBerita.com, KrazyMarket.com, InfoKost.com, AdsOnIt.com, Bolalob.com serta DailySocial.net MPI juga akan menambah startup lokal lain untuk diinkubasi dengan portfolio yang berfokus pada startup lokal berbasis komunitas, e-commerce, games dan platform mobile.


d. Materi Utama Acara

1. Muqorrobien Marufi (Robin) - "Teknologi Publisher-subsciber".


Publisher-subsciber bila penjelasannya disederhanakan adalah sebuah teknik meng-update informasi bagi pengguna yang telah subsciber (berlangganan) pada suatu sumber informasi, sebagai contoh adalah.
  • Pada twiter kita dapat mendapat update info dari twiter yang kita folow secara realtime.
  • Pada facebook kita dapat update notifation pada toolbar facebook secara realtime.
Teknologi untuk Publisher-subsciber adalah teknologi push dari server ke client bukan sebaliknya seperti yang dilakukan oleh teknologi ajax. Teknologi yang digunakan untuk Publisher-subsciber dapat menggunakan nodejs.org

Nodejs adalah sebuah bahasa pemrograman yang umum karena secara sintak sama dengan javascript. Javascript biasanya di eksekusi pada sisi client tetapi node.js adalah javacript yang di-ekseskusi pada sisi server dengan menggunakan engine V8.

Engine V8
diklaim sebagai engine tercepat dalam eksekusi javacript karena cara kerjanya adalah merubah kode-kode javascript tersebut menjadi binari. Selain menggunakan node.js terdapat alternatif lain untuk membuat Publisher-Subsciber yaitu menggunakan Tornado yang dikembangkan oleh Facebook.


2. Rahmat dari DailySocial.net - "Teknologi dan Inovasi"

Sebuah inovasi adalah sebuah terobosan yang dibutuhkan oleh masyarakat/bisnis agar menjadi hidup/ aktivitas masyarakat/ bisnis menjadi lebih produktif, Inovasi dapat sesuatu yang baru, kombinasi yang sudah ada atau menguatkan/mempertajam sesuatu yang sudah ada. sebagai contoh invosi pertama adalah.
  • Thomas Alva Edison (penemum bola lampu) ingin membuat malam menjadi lebih terang
  • Henry Ford (penemu mobil) ingin membuat kendaraan agar bisa berpergian lebih cepat dari kuda

Apabila kita inggin ber-inovasi jangan terlebih dahulu berpikir kepada pendapatan yang akan diterima tetapi harus mengarah kepada skenario user dalam menggunakan hasil invosi dan manfaat/nilai yang dapat dirasakan oleh pengguna/masyarakat. Uang atau pendapatan biasanya akan mengikuti apabila inovasi tersebut bermanfaat.

Tetapi tidak dapat di-pungkirin untuk menghasilkan inovasi diperukan modal (waktu, tenaga, teknologi, pengetahuan, SDM) untuk mewujudkan inovasi tersebut hingga inovasi tersebut mendatangkan pendapatan, ada beberapa alternatif untuk mewujudkan inovasi dengan modal minim yaitu.
  • Dengan mencari partner atau mitra yang dapat diajak bekerja sama, misalkan akan membuat sebuah website ber-konsep baru kita dapat mencari partner dengan programmer dan webdesign, soal marketing dan promosi dapat mencari teman atau perusahan internet yang tertarik membantu memasarkan inovasi kita.
  • Apabila sebuah inovasi tersebut telah rilis, katakanlah sebuah website tetapi pendapat dari website tersebut seret maka lakukan evaluasi potensi-pontesi pendapatan dari website tersebut, misalkan dengan mengadakan seminar atau workshop yang pada intinya website tersebut seolah-olah menjadi appetizer (makanan pembuka) untuk membuka peluangan bisnis yang lain.
Dalam membuat sebuah inovasi yang sukses diajurkan untuk mengikuti prinsip-prinsip berikut.

1. Temukan

Maksud dari kata temukan disini seorang inovator harus dapat menggali dan merumuskan alat/software/barang atau sesuatu yang dibutuhkan oleh masyarakat/perusahaan/pengguna. Karena inovasi yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat/perusahaan/pengguna yang dapat menghasilkan pendapatan.

2. Simplicity

Simplicity adalah kesederhanaan, meskipun inovasi tersebut terbuat dari proses yang rumit tetapi dalam menggunakannya harus dibuat se-sederhana mungkin dalam mengoperasikannya. karena yang simple-lah diperlukan oleh kosumen.

3. Hindari Perfeksionis

Perfeksionis adalah kesempuranaan. Kehidupan terus berjalan dan berubah setiap saat, sesuatu yang dianggap sekarang sempurna belum tentu dimasa mendatang tetap sempurna malah yang terjadi menjadi kuno dan jadul.

Esensi dalam Hindari Perfeksionis adalah kita tidak perlu merilis sebuah inovasi (misalkan website dengan konsep baru) hingga semua fitur super lengkap selesai, tetapi rilis-lah secara bertahap karena dari rilis tersebut kita akan medapatkan feedback dari pengguna/masyarakat yang dibutuhkan dan untuk menghindari terlambat mem-posisikan proda atau layanan kita di masyarakat/pengguna.


Foto Bersama Peserta, Panitia dan Pemateri Fowab 5


e. Souvenir Buku


Di acara terebut juga diberikan sebuah buku bernuansa marketing dengan judul 15 Kesalahan Dalam Branding yang disajikan dalam bentuk komik. 

Pembahasannya pada buku tersebut sederhana, ringgan dan dengan sebuah skenario cerita tetapi isi-nya bagus sekali.

Isi buku ini bisa dimplementasikan oleh software-house atau prodak/layanan dari software house tersebut untuk membuat branding yang baik.


2 komentar:

  1. Gimana cara gabungnya? kapan ada lagi?

    BalasHapus
  2. ikutin aja informasi tetang fowab di http://fowab.org/

    BalasHapus