Jumat, 04 Maret 2011

Konsep Digital Image Processing

Digital Image Processing atau dalam bahasa indonesia adalah Pengelolah Citra Digital yang merupakan teknik pengambil citra/ gambar dari dunia nyata untuk diolah (lihat,ubah,simpan) dalam komputer. Bentuk dari Digital Image dapat berupa file yang berekstensi *.jpg, *.gif, *.png dan semacamnya.

Digital Image terbentuk dari susunan Matrik. Matrik adalah suatu susunan bilangan yang tersusun menurut baris dan kolom tertentu, apabila direpresentasi dalam bentuk gambar akan tampak seperti dibawah.


Area kotak yang terbentuk dari Matriks tersebut dinamakan dengan Pixel, Semakin rapat pixel-nya dapat dikatakan resolusi image tersebut semakin tinggi.

Di dunia image digital terdapat dua jenis image, yaitu berwarna dan monokrom, perbedaan yang mendasar diantara keduanya terdapat pada informasi warna pada setiap pixel.

Pada Image berwarna informasi warna ini dipecah dalam tiga komponen warna yang biasa disebut RGB (Red Green Blue), dari ketiga komponen utama tersebut apabila dikombinasikan dapat menciptakan warna apapun.

RGB (Red Green Blue) sebagai tiga warna utama diambil berdasarkan teori tristimulus yang pada intinya ketiga warna tersebut adalah tiga sinar yang memiliki gelombang terpanjang.

Apabila menggunakan monitor komputer CRT sinar RGB dihasilkan oleh benda seperti gambar dibawah ini


Setiap komponen warna (Reg,Green,Blue) pada sebuah image memiliki matriks sendiri-sendiri, bila diilustrasikan dengan gambar akan tampak seperti gambar dibawah ini




Nilai warna pada pixel dari masing-masing komponen berkisar 0 sampai dengan 255 dengan tipe data integer (angka tanpa desimal). 

sebagai contoh apabila pada pixel dari setiap komponen warna diberi angka 255 maka akan menghasilkan warna putih, apabila diberikan angka 0 semua akan mendapatkan warna hitam.

Berikut ini beberapa Operasi yang terdapat pada Digital Image Processing 
  • Image-Enchantment, adalah sebuah operasi untuk memperbaiki kualitas image, seperti sharpening(penajaman) dan perbaikan kontras.
  • Image-Restoration, adalah sebuah operasi yang bertujuan memperbaiki cacat image, seperti menghilangkan noise.
  • Image-Segmentation, adalah sebuah operasi untuk memecah image menjadi beberapa bagian.
  • Image-Analysis, adalah sebuah operasi untuk menghitung besaran kuantitatif image, seperti mendeteksi tepi objek dan representasi area.
  • Image-Reconstruction, adalah sebuah operasi untuk membentuk ulang objek dari hasil projeksi objek, seperti gambar yang dihasilkan dari rontgen.

4 komentar:

  1. bang, minta sumber artikel'a dong...

    BalasHapus
  2. posting ini seperti kesimpulan dari konsep digital image prosesing, sumbernya saya dapat sepotong-sepotong seperti dari wikipedia, materi kuliah, matlab dan blog orang serta eksperimen sendiri.

    seperti saya ngak punya sumber artikel yang abang deny maksdukan.

    BalasHapus
  3. maav.. koreksi..
    untuk nilai piksel itu berkisar antara 0 hingga 255, bukan 256.
    dalam sistem 8 bit,jumlah variasi grayscale nya memang 256, tapi angka desimalnya berkisar antara 0 hingga 255

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih.. buat koreksi nya :)

      Hapus