Rabu, 05 September 2012

Web 2.0 and Sosial Media

Image : www.shambix.com
Web 2.0 dan Sosial Media telah menjadi trend Dalam pengembangan website di internet.

Konsep Web 2.0 tidak membahas tentang teknologi pada perangkat lunak berbasis web.




web 2.0 adalah sebuah presfektif tentang konsep perangkat lunak berbasis web yang menekankan kepada kolaborasi online dan berbagi konten antar pengguna perangkat lunak.

Media adalah sebuah sarana untuk meyebarluaskan informasi seperti tv, radio , surat kabar. 

Media sosial adalah sebuah bentuk dari konsep web 2.0, Media sosial merupakan media yang yang memfasilitasi kolaborasi dan berbagi konten (teks, image, video, audio) oleh penguna, mendukung interaksi sosial antar pengguna serta sarana untuk menyebarluaskan informasi.

A. Berikut ini adalah ciri-ciri dari sebuah sosial media :
  1. Interaktif, memungkinkan antar pengguna untuk saling berinterkasi.
  2. Informasi yang di sampaikan dapat bebas, tanpa harus melalui approvel.
  3. Informasi yang di sampaikan dapat tersebar secara aktual (cepat dan seketika).
  4. Informasi yang di sampaikan dapat tersampaikan kebanyak pengguna atau massal.
  5. Penerima informasi yang menentukan waktu berinteraksi dengan penggunan yang lain.
  6. Pada umumnya relatif mudah di gunakan, Untuk menggunakan media tidak memerlukan latar belakang keterempilan tertentu.

B. Berikut ini adalah klasifikasi sosial media :

1. Kolaborasi Konten
Perangkat lunak berbasis web yang mengijinkan pengguna untuk mengubah, menambah, ataupun menghapus konten yang ada di website. Contoh: wikipedia.org.

2. Blog dan Microblog
Blog adalah tempat untuk pengguna mengkepresikan buah pikiran maupun perasaan dalam bentuk tulisan yang dapat di sertai gambar, audio, video yang bertujuan di publikasi pada masyarakat. contoh: blogspot.com dan wordpress.com

Microblog, memiliki definisi yang serupa denga blog tetapi jumlah karakter yang di ijinkan pada microblog tidak lebih dari 200 karakter. contoh: twitter.com

Pada blog dan microblog yang membuat konten adalah pengguna, yang dapat di baca oleh pengguna lain dan memberikan komentar pada tulisan tersebut, sehingga terjadilah interaksi antar pengguna.

3. Sharing Konten
Para pengguna ini dapat berbagi konten yang di miliki kepada pengunan lain atau masyarakat seperti video, ebook, gambar, dan lain–lain. contoh: youtube.com

Konten yang si sharing oleh pengguna, memancing komentar penguna yang lain, sehingga terjadilah interaksi antar pengguna.

4. Network Sosial
Network sosial membuat penggunan untuk dapat terhubung dengan penggunaan yang lain dengan cara membuat informasi pribadi misalkan data-data pribadi seperti biodata, foto dirinya. contoh: facebook.com, myspace.com, plus.google.com.

Para pengguna yang saling terhubungan memancing interaksi antar pengguna, seperti percakapan (email, chat) berbagi informasi (gambar, teks, audio).

5. Virtual World
Virtual world adalah adalah sebuah replika lingkungan 3D pada komputer, di mana pengguna muncul dalam pada dunia virtual dalam bentuk avatar, sehingga antar pengguna dapat berinteraksi melalui avatar. contoh: secondlife.com

8 komentar:

  1. artikel bagus nih , bisa busat referensi belajar seo

    BalasHapus
  2. web 2 ....?

    setahuku sejenis blooger atau wordpress

    BalasHapus
    Balasan
    1. blooger atau wordpress adalah salah satu contoh dari klasifikasi sosial media.

      Hapus
  3. nice info , artikelnya menarik gan

    BalasHapus
  4. Media sosial memang sekarang dan kedepan menjadi pilihan untuk berbagi dan mendapatkan informasi termasuk juga untuk bisnis

    BalasHapus