Selasa, 23 Desember 2008

Framework CSS

pernah dengaaaaaaar Framework CSS..... ???
kalau ini beneran, bukan JAVASCRIPT FRAMEWORK atau PHP FRAMEWORK tapi CSS FRAMEWORK......

namanya CSS FRAMEWORK nya adalah...... BLUEPRINTcss linknya: [http://www.blueprintcss.org]

apa saja sih........ yang di tanggani oleh Framework CSS ini :
  1. standarisasi style untuk layout (misalnya: margin, padding, font, body, dan semacamnya)
  2. standarisasi style untuk grid
  3. standarisasi style untuk form
  4. standarisasi style untuk tipograpi (seni menyusun huruf)
  5. standarisasi style untuk mode print
  6. soal kompatibilitas browser (major browser)
yang di tanggain blueprintCSS adalah style yang sifatnya fundamental dalam design web, dan designer-pun dibebaskan untuk berkreasi.

lalu..... mungkin muncul pertanyaan buat apa sih ini....... susah-susah harus belajar lagi, oke sekarang manfaatnya nih...... karena namanya framework tidak lepas dari kaidah2-nya:
  1. reusable, bisa pake ulang - ngak perlu nulis ulang css untuk beda aplikasi, karena style css memilik standarisasi nama class/id dan sebagainya
  2. karena reusable aplikasi yang di bikin kedepanya bisa punya multi style :)
  3. readable, mudah di baca karena punya standarisasi itu.... jadi yang ngerti ngak designer aja....... :D (programmer jadi lebih mudah baca css-nya)
  4. karena readable, design style css nya bisa dilanjutankan orang lain...
  5. mengikuti trend dunia web (ngak mau dong... ketinggalan jaman... )

download source dan documentation
BlueprintCSS

Tidak ada komentar:

Posting Komentar