Senin, 05 Januari 2009

comet

awalnya ajax... sekarang comet... (ada2 aja nih... )

comet !!!!!!!!, memang bener namanya comet, seperti nama benda angkasa.

kurang lebih definisi commet adalah :

¨suatu teknik untuk push data dari server ke browser, yang mana browser tersebut tidak melakukan request http¨


terdengar sakti... sebenernya biasa aja, ngak ada yang baru dari ini, yang berbeda cuman pendekatan coding aja....

jadi comet itu adalah bukan teknologi baru, tapi hanya teknik pemrogramman yang baru saja....

ada dua cara untuk mengimplementasikan comet.. :
1. dengan iframe
2. dengan ajax

salah satu implementasi ini adalah di hasil polling, yang hasil polling selalu update tanpa perlu refresh halaman (meskipun pake ajax), meskipun bisa menggunakan periodik ajax... tapi comet memberikan pendekatan yang berbeda (push data dari server ke browser).

aplikasi yang lebih besar nya di implementasikan di gmail


kalau yang ingin liat contoh implementasi comet di PHP. klik aja link di bawah ini :

http://www.cnlei.org/blog/article.asp?id=462


kalau pengen liat ilustrasi soal kerja comet, klik aja link di bawah ini:

http://ajaxian.com/archives/comet-a-new-approach-to-ajax-applications

2 komentar:

  1. link "http://www.cnlei.org/blog/article.asp?id=462" mati bos

    BalasHapus
  2. ngak tau Gan http://www.cnlei.org/ tiba2 aja mati. mungkin lg down aja... coba lg ntar gan.... mudah2 udah UP

    BalasHapus