Kamis, 29 Januari 2009

kenapan pake framework ????

sebelumnya yang gw tulis, ini hanya pengalaman gw saja, jadi mungkin saja tiap orang berbeda, kalau ada yang mau menambahkan silakan atau
mau mengkoreksi silakan.

sedikit cerita dulu ye... dulu saya coding PHP native, selama mengerjakan projek yang skala kecil (seperti web profile orang/kantor) dan di kerjakan oleh sedikit orang (1 orang - 2 orang) masih berjalan lancar.... dan masalah mulai muncul ketika develop sebuah aplikasi yang lebih besar dan berkerja secara team.



masalah2 yang terjadi saat itu adalah :

  1. standarisasi style coding tiap programmer yang berbeda - beda, akan menyulitkan programmer yang lain nya untuk membacanya, dengan ada framework itu di atur, jadi walaupun orang yang bikinnya sudah tidak ada dikemudian hari masih bisa di lanjutkan oleh programmer yang lain. jadi dapat mengurangi ketergantungan pada seorang programmer.

  2. tidak adanya teknis arsitekur development , dengan adanya framework sangat membantu karena umumnya framework memiliki arsitektur development misalkan menggunakan MVC (Model View Control), dengan metode seperti itu membuat aplikasi menjadi lebih terorganisir, readeble (mudah di baca), maintainable (mudah dirawat). misalkan beberapa tahun kedepan aplikasi yang telah di bikin terjadi pengembangan atau dirivisi akan terasa lebih mudah karena sudah ada arsitekturnya.

  3. biasanya aplikasi skala udah cukup besar udah di ribetkan dengan "proses bisnis" yang ngak hanya insert, select, delete, update yang biasa dan umumnya membutuhkan waktu yang tidak sebentar, kalau masih harus mengurusi hal detail teknis yang sifatnya diluar "proses bisnis" seperti ORM, AJAX, Validation Form, Security, Macam2 Javascript (Seperti DatePicker, RichTextArea, Drag and Drop, EditInPlace, dsb), Cache, Database Connection. tentunya waktu development nya makin lama dan akan berimbas ke COST development yang makin besar. Tapi dengan ada Framework hal detail teknis seperti itu sudah ditangani, programmer cukup membaca dokumentasinya dan menggunakan dengan baik sesuai yang di butuhkan intinya framework menawarkan feature2 yang membantu dalam development aplikasi.

  4. keinginan agar sebuah modul yang sudah jadi bisa di gunakan di aplikasi lain atau projek agar bisa menerapkan konsep reusable, dulu itu terasa sulit karena perbeda arsitektur aplikasi A dan B, tapi dengan adanya framework itu udah bisa di handle jadi modul yang sudah jadi itu bisa di jadikan plugin yang independen, jadi cukup pasang plugin itu di berbagai macam apliaksi yang membutukannya selama frameworknya sama , tidak perlu coding ulang dan yang paling penting bisa mengurangi lama proses development.

  5. kadang untuk mempercepat proses development kita membutuhkan kontribute dari orang yang biasanya berupa library (misalkan convert to pdf, convert to excel dsb) dengan adanya framework terasa membantu sekali karena biasanya sebuah framewrok memiliki komunitas yang rajin memberikan kontribute code program nya menjadi sebuah plugin yang bisa digunakan oleh siapa saja, ini sangat membantu sekali kita dalam waktu pengerjaan sebuah aplikasi.

  6. adopsi teknologi terkini biasanya selalu ingin di ikutin dan dicoba, dengan framework biasanya itu udah jadi bagian dari feature (misalkan soal SmartUrl, I18n, dsb), cukup upgrade framwork versi terbarunya aja.

5 komentar:

  1. thank u so much.

    BalasHapus
  2. yang nomer 3 paling kerasa. Bahkan javascript pun skrng biasanya pakai framework jquery, jadi tinggal pakai plugin2nya kayak datepicker,jqueryform,jquery uploadify,drag-drop.

    nice share :)

    BalasHapus