Sabtu, 31 Januari 2009

Monitoring Web

Ketika sebuah website semakin populer, maka akan semakin banyak orang yang mengaksesnya. tetapi dengan semakin populernya website tersebut akan semakain besar kemungkinan website tersebut down/mati bisa di sebabkan karena over connection (terlalu banyak koneksi), mati listrik atau karena sebab lain (semoga tidak terjadi).

meskipun developer sudah menyiapkan hardware yang mencukupin dan tunning yang baik, tetap saja kemungkinan down/mati masih bisa terjadi.

agar developer mengetahui kapan websitenya down/mati dibutuhkan sebuah tools yang bisa melakukan monitoring setiap saat, karena tidak mungkin developer nongkrongin, ngeliatin websitenya setiap saat.


dan agar ketika terjadi masalah dengan websitenya, developer bisa segera menanganinya.

ada banyak yang memberikan service monitoring web, ada yang bayar dan ada yang gratis. link di bawah ini list website yang memberikan service monitoring web :
http://www.hongkiat.com/blog/monitor-website-up-downtime-30-free-web-services-and-tools/


salah satu service website mintoring web yang saya coba adalah http://basicstate.com/

basicstate.com adalah website monitoring yang sifatnya free , service yang di berikannya antara lain:
  1. UPTIME, adalah sebuah report yang melaporkan hasil monitoring apakah website mengalamin down/mati atau tidak.
  2. TOTAL RESPON TIME, adalah report yang melaporan hasil menghitung waktu respon website

contoh grafik monitoring

http://basicstate.com secara default melakukan monitoring setiap 30 menit sekali. dan akan memberikan laporan hariannya melalui email atau sms, juga akan memberikan alert secara realtime bila website yang di monitoring mengalamin masalah (contoh: down/mati), untuk menggunakan layananan sms user dikenanakan biaya.

contoh report harian

Tidak ada komentar:

Posting Komentar